Categories: Kopi Luwak

kopi-luwak-bandung

Kopi Luwak Bandung di Pangalengan Jawa Barat

Peluang bisnis kopi luwak sangat terbuka lebar, karena masih banyak permintaan dari luar negeri seperti negara Kanada, Jepang, Taiwan, China, Korea, India dan negara lainnya. Namun jumlah ekspor kopi luwak masih terbatas. Daerah penghasil kopi luwak di Indonesia yaitu daerah Liwa Lampung, Pangalengan Bandung, Bali Surabaya, Aceh Tenggara dan Medan. Contohnya kopi luwak Bandung yang dihasilkan di kecamatan Pangalengan, kabupaten Jawa Barat hanya bisa memenuhi permintaan 100 kg perbulan untuk diekspor ke luar negeri. Seperti yang telah disebutkan diatas jumlah ekspor ke luar negeri dari setiap daerah penangkaran masih terbatas antara 50 sampai 200 kg perbulan.

Daerah penghasil kopi luwak di Pangalengan merupakan petani kopi luwak atau petani yang menangkarkan ternak luwak. Petani-petani ini pada umumnya dikumpulkan dan dikoordinir oleh seseorang atau kelompok tani luwak. Semua kopi luwak yang  dihasilkan oleh para petani luwak tersebut dijual kepada kelompok tani dengan harga yang sudah disepakati. Setelah itu ketua kelompok dapat menjual hasil kopi luwak kepada pedagang atau langsung ke konsumen. Selain memiliki ternak luwak, para petani itu juga memiliki perkebunan kopi untuk memenuhi kebutuhan buah kopi sehingga ketersediaan buah kopi selalu terjaga.

Hasil pengamatan di beberapa gerai kopi yang menjual kopi luwak. Penjual kopi luwak masih terbatas hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Bali. Karena itu pengembangan bisnis penjual kopi luwak masih terdapat peluang untuk dikembangkan khususnya untuk pasar domestik.

Facebook Comments

Top