Categories: Kemasan

olahan-kopi

Kemasan Hasil Olahan Kopi

Secara umum olahan kopi dibedakan menjadi enam yaitu kopi decaffeinated, biji kopi (bean), bubuk kopi (powder), kopi instan (granular), kopi mix dan kopi siap minum. Kemasan untuk masing-masing hasil olahan kopi tersebut dapat bervariasi, seperti desain kemasan, bentuk dan warna kemasan.

Kopi Biji dan Decaffeinated

Olahan kopi ini umumnya disajikan di dalam kemasan berbahan kaleng dengan kandungan alumunium 15 micron. Bentuk kemasan bisa berupa tabung, silinder dan bantalan. Kesan higienis, enak dan mahal tergambarkan dari warna dan desain label.

Kopi Bubuk

Jenis olahan kopi ini biasanya dikemas dalam bahan kaleng dengan kandungan alumunium 7-10 micron. Selain itu dapat ditambahan bahan metalize atau plastik dan kertas. Bentuk kemasan umumnya berupa bantalan, silinder, cup dan gelas.

Kopi Instan

Kemasan untuk kopi instan umumnya menggunakan bahan alumunium foil yang cukup tebal dalam bentuk sachet dan kaleng. Selain itu kopi instan dapat menggunakan kemasan berupa gelas dengan bentuk silinder.

Kopi Mix

Kandungan isi kopi mix umumnya berupa campuran kopi, gula, creamer dan susu. Kemasan kopi mix biasanya berbahan metalize dengan kandungan alumunium yang tipis. Kopi mix umumnya dikemas dalam bentuk sachet untuk menjaga kepraktisannya.

Kopi Siap Minum

Saat ini telah bermunculan perusahaan produsen kopi yang menawarkan kopi dalam kemasan siap minum. Berdasarkan segmen pasarnya, dapat dibedakan menjadi dua kelas, yakni kelas atas dan kelas bawah. Untuk kelas atas kemasannya terbuat dari bahan alumunium atau menggunakan kaleng berbentuk silinder. Untuk kopi siap minum kelas bawah, bahan kemasannya terbuat dari plastik dalam bentuk gelas. Harga jual kopi siap minum berbahan plastik jauh lebih murah dibandingkan dengan kopi siap minum dengan kemasan alumunium atau kaleng.

Facebook Comments

Top